Lesson Study

Untuk mencapai tujuan merevitalisasi MGMP, diputuskan menggunakan kerangka Lesson Study sebagai sebuah instrumen di bawah SISTTEMS. Di sini, akan disajikan gambaran singkat mengenai latar belakang Lesson Study. Lesson Study dimulai di Jepang sekitar tahun 1870-an (Inagaki and Sato, 1996). Lesson Study adalah suatu metode analisis kasus pada praktik pembelajaran, ditujukan untuk membantu pengembangan profesional para guru dan membuka kesempatan bagi mereka untuk saling belajar berdasarkan praktik-praktik nyata di tingkat kelas. Lesson Study dibagi menjadi tiga bagian: Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan dan observasi) dan See (refleksi) (Gambar 1.1). Pada bagian perencanaan, baik seorang atau sekelompok guru membuat rencana pembelajaran (plan); satu orang guru melaksanakan pembelajaran berdasarkan rencana yang telah dibuat dan teman sejawatnya mengamati pembelajaran tersebut (do); dan mereka merefleksikan pembelajaran yang diamati bersama-sama (see).