Lesson Study Berbasis Sekolah


Lesson Study adalah suatu wadah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson Study terbagi ke dalam dua jenis yaitu (1) lesson studi berbasis MGMP dan (2) Lesson Study berbasis sekolah. Kedua istilah tersebut persepsi nya sama yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Terdapat perbedaan dalam dua istilah lesson study tersebut, perbedaannya adalh lesson studi diselenggarakan di tiap-tiap wilayah secara bergantian sedangkan lesson study berbasis sekolah diselenggarakan di tiap-tiap sekolah yang di manage oleh tiap-tiap kepala sekolah masing-masing. Untuk memperjelas perbedaan kedua lesson study tersebut perhatikan tabel berikut.
Tabel Perbedaan Lesson Study

Berbasis MGMP
Berbasis sekolah
Peserta
Guru dari mata pelajaran yang sama di wilayah atau kecamatan
Seluruh guru mata pelajaran di sekolah
Ketua
Fasilitator MGMP
Kepala sekolah
Tempat
Sekolah tuan rumah (bergantian)
Sekolah masing-masing
Tujuan akhir
Meningkatkan kapasitas guru
Mereformasi budaya sekolah
Mengembangkan KTSP
Meningkatkan kapasitas guru

Tujuan lesson study berbasis sekolah

Lesson Study berbasis sekolah memiliki tiga tujuan konkret sebagai berikut:
(1) Semua guru harus membuka pembelajaran mereka untuk diobservasi dan refleksi setidaknya  satu kali dalam satu tahun;
(2) Semua guru harus meningkatkan kualitas pembelajaran mereka dengan belajar dari
rekan-rekannya sesame guru; dan
(3) Semua guru harus membentuk kolegialitas dengan cara berkolaborasi bersama.